7+ Cara Merawat Sofa Kulit Yang Benar, Dijamin Awet Dan Tahan Lama

jasa laundry kasur tangerang
Jasa Laundry Kasur Tangerang
Juli 16, 2020
cara membersihkan sofa velvet
Cara Membersihkan Sofa Bahan Kain Velvet
September 1, 2020

Perlu Anda ketahui, cara dalam merawat sofa yang berbahan kulit tentu berbeda dengan sofa lainnya. Ini karena sofa yang berbahan kulit memerlukan perawatan yang lebih hati-hati agar tidak terjadi kerusakan pada furniture dan usang. Selain itu, Anda juga harus selalu melakukan pembersihan sofa kulit yang bertujuan menjaga kebersihan dan kualitas dari sofa kulit Anda.

Tak bisa terelakan, sofa kulit mampu memberikan kesan yang elegan pada dekorasi ruangan Anda. Akan tetapi jika tidak dibarengi dengan perawatan yang sesuai justru akan membuat sofa kulit Anda menjadi cepat rusak. Pencucian harus dilakukan oleh yang sudah profesional jika tidak akan semakin memperburuk keadaan. Anda ingin melakukan perawatan sofa kulit sendiri? Berikut kami berikan beberapa tips dalam merawat sofa kulit yang harus Anda ketahui.

Cara Merawat Sofa Kulit

1. Perawatan Rutin Dan Secara Berkala

Melakukan perawatan sofa yang berbahan kulit memang harus rutin dan secara berkala. Ini mencegah terjadinya kerusakan pada sofa. Anda tidak mau bukan sofa kesayangan Anda rusak karena tidak mendapatkan perawatan. Sebagai alternatif lain, Anda juga dapat menggunakan jasa cuci sofa yang terdekat.

Baca Juga : Jasa Cuci Sofa Terdekat di Tangerang

2. Segera Bersihkan Kotoran Pada Sofa

Ketika Anda menemukan kotoran yang menempel pada sofa, segera bersihkan dan jangan biarkan menempel dalam waktu yang lama. Biasanya kotoran yang menempel pada sofa berasal dari debu, jamur, keringat, bahkan tumpahan makanan dan minuman.

3. Gunakan Kain Yang Lembut Dan Lembab

Perlu diingat, Anda tidak boleh membersihkan sofa kulit menggunakan kain yang kasar dan basah. Cukup dengan menggunakan kain yang lembut dan lembab saja. Pembersihan dengan memberikan sedikit tekanan dan membiarkannya kering dengan sendirinya. Namun masih banyak orang yang membersihkan sofa kulit dengan menggunakan lap basah, ini akan membuat noda menyebar dan menempel pada sofa.

Dan jangan membersihkan sofa dengan menggunakan hair dryer atau dijemur dibawah matahari langsung karena akan membuat sofa menjadi kering dan pecah-pecah. Cara yang paling mudah untuk membersihkan sofa bahan jenis kulit adalah dengan menggunakan kain penghisap atau kertas penghisap.

4. Bersihkan Sofa Menggunakan Vacuum Cleaner

Jika debu dan kotoran tetap saja membandel, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner dengan ujung sikat yang lembut untuk membersihkan sofa kulit. Hisap semua debu dan kotoran hingga ke sela-sela sofa dan lakukan dengan cara hati-hati agar tidak merusak permukaan sofa.

5. Hindari Penggunaan Deterjen

Penggunaan deterjen pada perawatan sofa kulit ini menjadi suatu kesalahan yang besar. Pasalnya, bukan malah membuat sofa menjadi bersih justru akan membuat permukaan sofa menjadi rusak. Hal ini dikarenakan deterjen terbuat dari bahan kimia yang bersifat keras terhadap kulit.

6. Hindari Paparan Sinar Matahari Dan Suhu Panas Terlalu Tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, panas yang terlalu tinggi dan paparan matahari secara langsung dapat membuat permukaan sofa kulit menjadi kering. Hal ini akan memperburuk penampilan sofa Anda.

7. Pilih Pembersih Khusus Furniture Material Kulit

Dalam memilih pembersih, Anda harus selalu memperhatikan pembersih yang akan Anda pilih dan menggunakannya untuk sofa kesayangan Anda. Jika Anda salah dalam memilih cairan pembersih tentu hal buruk yang akan terjadi adalah penurunan kualitas bahan kulit sofa Anda.

8. Antisipasi Risiko Kerusakan Sofa Dengan Cairan Pelapis

Ada pepatah yang mengatakan bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. Dalam konteks ini, kita dapat mengambil arti dari pepatah tersebut dalam penerapan perawatan sofa kulit, yaitu lebih baik Anda berjaga-jaga dari kemungkinan yang terjadi pada sofa Anda dengan cara menggunakan cairan pelapis untuk menghindari berbagai resiko kerusakan dari sofa Anda.

9. Beri Pelembab Khusus Furniture Berbahan Kulit

Akibat terkena udara yang panas dan atau sudah terlanjur terkena paparan matahari secara langsung, Anda perlu menggunakan pelembab khusus furniture untuk menjaga kelembaban kulit sofa. Tentu banyak yang menjual pelembab furniture, atau Anda juga bisa mencarinya secara online.

10. Jangan Meletakkan Benda Tajam Di Sekitar Sofa

Benda tajam seperti pisau, cutter, gunting, jarum dan lain-lain jangan meletakkannya sekitar sofa karena dapat merobek lapisan kulit sofa. Untuk itu kami sangat menyarankan untuk tidak menaruh sofa berbahan kulit dekat dapur. Usahan untuk menambahkan sarung kantong tambahan samping sofa untuk menyimpan benda-benda tajam.

11. Jangan Sembarangan Mewarnai Sofa

Dan yang terakhir adalah jangan sembarangan dalam memberikan pewarnaan pada sofa. Karena cat sembarangan dapat merusak bahan kulit dari sofa itu sendiri. Jika Anda ingin warna yang berbeda pada sofa kulit Anda sebaiknya menggunakan sarung sofa atau cushion yang banyak dijual di pasaran.

Selalu jaga kebersihan sofa Anda ya. Jangan sampai memiliki furniture dengan kualitas baik tetapi tidak dapat merawatnya. Semoga artikel dari kami bisa berguna untuk Anda dalam merawat sofa yang berbahan kulit.

Untuk konsultasi mengenai perawatan sofa, Anda dapat menghubungi kami melalui tombol WhatsApp berikut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Telepon